Komandan Pasmar 2 Hadiri Prasetya Perwira TNI-Polri Tahun 2021 di AAL

Pasmar 2 (Surabaya). Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., yang di dampingi Ketua Korcab Pasmar 2 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Mira Ipung Purwadi menghadiri upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2021 di lapangan Aru Akademi Angkatan Laut, Bumimoro. Surabaya. Selasa (13/07/2021).

Upacara pengambilan sumpah dan pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dilakukan secara virtual. Hanya ada 8 perwira yang menjadi perwakilan masing-masing akademi, yaitu 4 perwira dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri dari perwakilan agama (Islam, Protestan, Katolik dan Hindu) serta 4 perwira terbaik peraih Adhi Makayasa dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri. Sebagai inspektur upacara adalah Presiden Joko Widodo, di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Presiden dalam kesempatan tersebut melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 700 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

Pengambilan sumpah diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Reyhan Wirawan (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Besty Chrisabel Tambunan (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan, Veronika Vinelia Saragi Sidabutar (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Katolik, dan I Gede Agung Sukamara (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden itu terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 227 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 101 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 91 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 281 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 65/TNI Tahun 2021 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 66/Polri Tahun 2021.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Septian Haryono Pasaribu dari Akmil, Always Giving Hamonangan dari AAL, Laode Abdul Muis dari AAU, dan Hary Indradjati dari Akpol.

Related posts

Leave a Comment