Prajurit Yonif 5 Marinir Tingkatkan Kemampuan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

Pasmar 2 (Surabaya). Dalam rangka mengantisipasi terhadap terjadinya bahaya kebakaran di lingkungan kerja, Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan latihan simulasi pemadaman kebakaran di Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Rabu (23/06/2021).

Latihan yang dipimpin oleh Lettu Mar Aseq Wijayanto dan diikuti oleh prajurit Yonif 5 Mar tersebut, diawali dengan pemberian materi teori secara teknis, pengenalan dan penggunaan alat PMK yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi praktek Basah terkait teknik pemadaman api secara benar dan efektif saat terjadi kebakaran.

Pada saat pelaksanaan kegiatan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dengan mencuci tangan sebelum maupun setelah pelaksanaan kegiatan, memakai masker dan menjaga jarak (Physical Distancing).

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Supriyadi, M.Tr.Hanla menekankan kepada seluruh prajurit agar dalam menghadapi kebakaran tidak perlu panik dan yang pertama dilakukan adalah melakukan penyelidikan tempat kejadian kebakaran serta mengenali jenis kebakarannya. Setelah diketahui jenis kebakarannya selanjutnya memahami juga arah angin untuk menentukan posisi pemadaman.

“Laksanakan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam yang sesuai dengan jenis kebakarannya dan utamakan keselamatan personel dan material”, pungkasnya.

Related posts

Leave a Comment