Tingkatkan Keamanan Latihan, Prajurit Yonif 3 Marinir Perbaiki Sarana Latihan CQB

Pasmar 2 (Sidoarjo) Dalam rangka memelihara dan meningkatkan profesionalisme serta menjamin keamanan saat berlatih, Prajurit Batalyon Infanteri 3 Marinir (Yonif 3 Mar) melaksanakan perbaikan dan perawatan sarana latihan Close Quarter Battle (CQB) atau Pertempuran Jarak Dekat di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Kamis (15/07/2021).

Kegiatan yang dipimpin Komandan Batalyon Infanteri 3 Marinir Letkol Mar Tri Yudha Ismanto, S.E.,MSDA tersebut meliputi perbaikan sasaran tembak, perbaikan lokasi pengawas atau pelatih, penataan ban-ban untuk membentuk dinding ruangan dan lorong-lorong sesuai kebutuhan latihan sekaligus penguatan dengan menambahkan dan memadatkan isi dari ban-ban tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin dalam rangka menjaga keamanan para prajurit saat mengasah kemampuan pertempuran jarak dekat.

Pada kesempatan tersebut Danyonif 3 Mar menyampaikan bahwa dengan tingginya intensitas prajurit Yonif 3 Mar melaksanakan latihan CQB, maka perbaikan dan perawatan sarana latihan secara rutin merupakan hal yang sangat penting dilakukan guna melindungi para prajurit dari hal-hal yang tidak diinginkan atau yang biasa dikenal dengan istilah Zero Accident .

Disampaikan juga bahwa CQB adalah salah satu latihan dengan risiko tinggi karena menggunakan munisi tajam dengan jarak yang sangat dekat. Kekuatan dinding yang terbentuk dari ban-ban yang telah tersusun sesuai kebutuhan latihan harus senantiasa dilakukan pemeriksaan dan diuji coba terlebih dahulu sebelum dimulainya pelaksanaan latihan.

“Untuk mewujudkan prajurit Petarung yang tangguh, tanggon dan trengginas dalam menghadapi segala medan pertempuran, maka sarana-sarana latihan yang kita miliki harus tetap kita pelihara secara rutin,” tegasnya.

Related posts

Leave a Comment