Yonranratfib 2 Mar Pasmar 2 Uji Kelaikan Kendaraan Tempur Dalam Rangka Latpasrat TA 2021

Pasmar2 (Surabaya). Dalam rangka menyiapkan Alutsista Kendaraan Tempur pada pelaksanaan Latihan Pasukan Pendarat (Latpasrat) TA 2021, Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yon Ranratfib 2 Mar) melaksanakan sertifikasi atau uji kelaikan Kendaraan Tempur (Ranpur) oleh Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut (Dislaikmatal), salah satunya uji arung Ranpur pada saat melaut, yang dilaksanakan di Satfib Koarmada II, Ujung, Surabaya. Rabu (05/05/2021).

Pada kesempatan tersebut Tim Dislaikmatal survei berkala Ranpur yang dipimpin oleh Mayor Marinir Bayhaky Chandra Chipta beserta 4 anggotanya melaksanakan sertifikasi beberapa jenis Ranpur BTR 50 P dan BTR 50 PM untuk uji arung di laut. Sebelumnya, selama 2 hari Tim Dislaikmatal juga melaksanakan rangkaian kegiatan kelaikan diawali dengan pengecekan kru pengawak Ranpur dan pengecekan fisik material Ranpur secara menyeluruh dan detail, setelah dinyatakan kondisi siap satu persatu Ranpur melakukan Test Drive manuver di darat. Pada tahap berikutnya pengecekan uji kedap Ranpur di kolam dan komponen lainnya sebagai prosedur Ranpur yang akan melaut untuk melaksanakan uji arung.

Komandan Yonranratfib 2 Mar Mayor Marinir Kuswandi, S.H., M.Tr.Opsla menyampaikan, di hari ke-3 sertifikasi uji laik dilaut ini diharapkan seluruh Ranpur Yon Ranratfib 2 Mar dinyatakan lulus dan siap untuk dioperasionalkan dalam melaksanakan tugas pokok Satuan sebagai unsur operasi pendaratan amfibi maupun operasi-operasi lainnya, karena tujuan utama diselenggarakannya sertifikasi ini selain untuk memastikan kelayakan Ranpur juga sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan zero accident, keselamatan personel maupun material.

Related posts

Leave a Comment